image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Tuesday, May 21, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

ADA APA DIBALIK SOSOK USTADZ ?

 

ADA APA DIBALIK SOSOK USTADZ ?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan bagi antum sekalian.


  •  Orang bilang kalau sudah jadi ustadz maka semuanya harus sempurna, sesuai buku. !!
  •  Orang bilang kalau sudah jadi ustadz maka tidak boleh ada aib.

Sebuah nasehat indah bagi

Ingat akhir tahun 2008, ketika Syaikh Abdul Bari Fathullah hafizhahullah "diperkarakan" karena ada beberapa murid beliau yang menjadi praja negara yang menolak untuk mencukur jenggot dan ditanya, "Kamu ngajinya sama siapa?" dijawab, "Syaikh Abdul Bari al-Hindi" sontak, semua orang terperanjat dan langsung aparat mengamankan beliau dan langsung mengirim beliau balik ke India.

Selesai sudah 21 tahun lebih mengajar di UAE. Semua kebaikan selama ini seolah dikubur dengan setitik noda hitam yang melekat. Padahal beliau hafizhahullah tidak menyuruh untuk menentang penguasa namun kalau ada kesalahan maka sang gurulah yang menanggungnya. Kenapa tidak ada tabayun dan langsung dikenai sangsi ? Allahul Musta'an.

Terfikir ketika beliau hafizhahullah, mengajarkan kitab Fathul Bari Syarah Shohih Al-Bukhori yang beliau telah mengajar dan menyelesaikannya dua kali tamat dalam 21 tahun kitab Fathul Bari. Sebelum hari H mengajar, beliau pernah menasehatiku, "Kalau hendak mengajar, maka paling tidak minimal 5 kali diulang apa yang akan aku sampaikan, aku baca dan pahami." Lalu beliau menukilkan perkataan Yahya bin Abi Katsir rahimahullah (wafat th 129 H),

«لَا يُسْتَطَاعُ الْعِلْمُ بِرَاحَةِ الْجِسْمِ»

"Ilmu itu tidak bisa didapat dengan badan yang bersantai-santai (tanpa perjuangan)" (Dibawakan oleh Imam Muslim di kitab Shohihnya no. 612 (175))

Ketika aku bermalam di maktabah beliau, aku dapati beliau hafizhahullah, sering bangun malam dan murojaah apa yang akan diajarkannya. Semata-mata, agar para muridnya bisa menangkap, memahami apa yang beliau sampaikan. Lalu akupun menghardik diriku, "Dimana engkau dengan adab dan semangat beliau ?"

Itu semua mungkin tidak pernah terbayang dibenak murid-murid beliau bahwa sebelum beliau mengajar, beliau harus berjuang siang malam agar ilmu bisa tersampaikan kepada murid-muridnya dengan mudah dan jelas. Umumnya aku hanya bertanya bahwa "Kajiannya ada atau tidak ?" "Sudah sampai mana sekarang kajiannya?"

Namun terkadang aku lupa untuk menanyakkan bagaimana kesehatan beliau, bahkan akupun lupa (baca: bakhil) untuk mendoakkan kebaikan kepada beliau hafizhahullah (Astaghfirullah).

Waktu Syaikh Abdul Bari hafizhahullah berada dibalik jeruji besi, Syaikh Sholih al-Masy'ari hafizhahullah sebagai muridnya telah mengunjunginya. Syaikh Abdul Bari hafizhahullah pun bertanya kepada Syaikh Sholih al-Masy'ari hafizhahullah,

"Kenapa engkau datang menjengukku, ya waladi (wahai anakku)?" lalu Syaikh Sholih al-Masy'ari hafizhahullah menjawab, "Syaikhi (guruku) Engkau adalah guruku, aku menunaikan kewajibanku sebagai seorang murid kepada gurunya yaitu menghormati dan menghargai serta menyayanginya namun jikalau engkau ada kesalahan maka itu adalah perkaramu dengan Allah, sedangkan aku sebagai murid tetap akan menghormati dan menyayangimu karena Allah."
Itulah yang diceritakan oleh Syaikh Sholih al-Masy'ari hafizhullah ketika beliau mengajariku akhlaq menghormati guru/ustadz ketika kajian Shohih Muslim setiap Malam Jum'at di Dubai.

Akupun teringat, bahwa pertama kali bertemu dengan Syaikh Abdul Bari hafizhahullah, beliau mengatakan, "Kamu dari Indonesia ? ini hadiah kitab buatmu, mungkin kamu belum tentu bisa hadir lagi dimajelis ilmu ini?" Saat itupun benakku seperti diguncang dengan cubitan dan tantangan, "Kok Syaikh ngomong gitu yah?" hardikku. Tapi setelah sekian tahun aku sadari bahwa beliau hafizhahullah melakukannya karena sayangnya beliau kepadaku, bahkan kepada murid-murid beliau yang lainnya.

Itupun ketika telah beberapa tahun baru aku sadari bahwa maksud beliau hafizhahullah adalah demi kebaikanku, dan itu adalah sebuah proses pendewasaanku terhadap apa yang diucapkan beliau hafizhahullah.

ADA BEBERAPA FAWAID YANG BISA DIPETIK: 

Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam bersabda:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: انْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا فَقَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَنْصُرُهُ إِذَا كَانَ مَظْلُومًا، أَفَرَأَيْتَ إِذَا كَانَ ظَالِمًا كَيْفَ أَنْصُرُهُ؟ قَالَ: تَحْجُزُهُ، أَوْ تَمْنَعُهُ، مِنَ الظُّلْمِ فَإِنَّ ذَلِكَ نَصْرُهُ ُ

Dari Anas radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tolonglah saudaramu yang berbuat dzolim dan yang didzolimi." Kemudian ada seseorang bertanya tentang bagaimana cara menolong orang yang berbuat dzolim? Beliau ﷺ menjawab, "Kamu cegah dia atau larang dia dari berbuat dzolim, maka sesungguhnya engkau telah menolongnya."  Shohih   (HR. Al-Bukhari, no. 6952 dan Muslim, no. 2584)

Imam As-Syafi'i rahimahullah (wafat th. 204 H) pernah memberikan nasehat:

لاَ يَطْلُبُ أَحَدٌ هَذَا الْعِلْمَ بِالْمُلْكِ وَعِزِّ النَّفْسِ فَيُفْلِحُ وَلَكِنْ مَنْ طَلَبَهُ بِذُلِّ النَّفْسِ وَضِيْقِ الْعَيْشِ وَخِدْمَةِ الْعُلَمَاءِ أَفْلَحَ

Tidak seorang pun akan beruntung dalam menuntut ilmu agama dengan bermodalkan kemewahan apa yang dipunyai dan ego gengsi tinggi. Barangsiapa yang mencari ilmu dengan berbekal kerendahan diri, kesempitan hidup dan kesediaan untuk berkhidmat kepada para ulama, maka dialah yang akan berhasil. (Nasehat dari Imam asy-Syafi'I dinukilkan oleh Ali Al-Yamani dalam kitabnya Aadabul 'Ulama wal Muta'alimiin hal. 13)

Ya Allah, maafkanlah dosa kesalahanku kepada masyaikh, asatidzku dan guru-guruku, ampunilah kesalahan dan dosa mereka, sayangilah mereka dan tinggikanlah derajat mereka disisi-Mu.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Wallaahu a'lam bishshawwaab.

Abu Kayyisa,

Dubai UAE - Siang menderap Pencakar Langit Dubai, Selasa, 8-8-1438 H - 8 Sya'ban 1438 H/04 Mei 2017.

 

Silahkan Bergabung via    Forum WA Fawaid al Muwaththo wa Zaidah    Klik, langsung link berikut:

 

ARSIP ARTIKELs

Kajian Online UAE   

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini