image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Tuesday, May 21, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

Sahkah Sholat orang yang punya TATO ?

 

HUKUM SHOLAT ORANG PUNYA TATO

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan bagi antum sekalian. Berikut adalah pembahasan tentang sholatnya orang yang bertato yang merupakan pertanyaan yang ada di forum grup wa Fawaid al-Muwaththo.

 TANYA: 

Assalamualaikum,ust zaki mau tanya kalau badannya tatoan itu buat sholat hukumnya gimana ?

 JAWAB: 

Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh, barakallahu fikum. Menggunakan tato hukumya haram, dan terdapat larangan khusus dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Abu Juhaifah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

«لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الوَاشِمَةَ وَالمُسْتَوْشِمَةَ، وَآكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ، وَنَهَى عَنْ ثَمَنِ الكَلْبِ، وَكَسْبِ البَغِيِّ، وَلَعَنَ المُصَوِّرِينَ»

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat orang yang mentato dan yang minta diberi tato, dan orang yang memakan riba dan yang memberikan riba, dan (beliau) melarang dari uang hasil jual anjing, uang hasil pelacuran, serta melaknat orang yang melukis (lukisan makhluk hidup – manusia maupun binatang)”  SHOHIH   (HR. Al-Bukhari no. 5347.)

Begitu juga hadits yang mulia lainnya:

عَنْ عَوْنِ بْنِ أَبِي جُحَيْفَةَ، قَالَ: رَأَيْتُ أَبِي اشْتَرَى عَبْدًا حَجَّامًا، فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ: « نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ثَمَنِ الكَلْبِ وَثَمَنِ الدَّمِ، وَنَهَى عَنِ الوَاشِمَةِ وَالمَوْشُومَةِ، وَآكِلِ الرِّبَا وَمُوكِلِهِ، وَلَعَنَ المُصَوِّرَ»

“Dari ‘Aun bin Abi Juhaifah, dia berkata, Aku pernah membeli seorang budak yang sering membekam, lalu aku bertanya kepadanya, dan beliau menjawab, “Nabi Shallalllahu’alaihi wasallam melarang dari uang hasil penjualan anjing, bayaran upah tukang bekam, dan melarang dari tukang tato dan yang minta ditato, dan (beliau melarang juga) memakan harta riba dan yang memberikan harta riba, dan (beliau) melaknat orang yang melukis (lukisan makhluk hidup).”  SHOHIH   (HR. Al-Bukhari no. 2086.)

Begitu juga hadits yang mulia lainnya:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «لَعَنَ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ، وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ»

"Dari Abdullah bin Umar, bahwasannya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam melaknat orang yang menyambung rambut atau yang meminta untuk disambung rambutnya, dan (juga melaknat) orang yang mentato dan yang meminta untuk ditato."  SHOHIH   (HR. Muslim no. 2124 (119), At-Tirmidzi no. 1759, Ibnu Majah no. 1987)

 Fatwa Ulama: 

Syaikh Bin Baz rahimahullah (wafat th. 1420 H) mengatakan:

الوشم في الجسم حرام؛ لما ثبت عن النبي - صلى الله عليه وسلم -: «أنه لعن الواصلة والمستوصلة، والواشمة والمستوشمة » ، وإذا فعله المسلم في حال جهله بالتحريم، أو عمل به الوشم في حال صغره، فإنه يلزمه إزالته بعد علمه بالتحريم، لكن إذا كان في إزالته مشقة أو مضرة فإنه يكفيه التوبة والاستغفار، ولا يضره بقاؤه في جسمه.

Tato di tubuh hukumnya haram, sebagaimana hadits yang shohih dari Nabi Shallallahu’alaihi wasallam, bahwasanya beliau Shallallahu’alaihi wasallam melaknat orang yang menyambung rambut dan yang minta disambung rambutnya, serta yang mentato dan yang minta ditato (lihat hadits diatas). Jika seorang muslim melakukannya dalam keadaan tidak tahu akan keharamannya atau melakukan tato ketika usia kanak-kanak maka dia harus menghilangkannya ketika dia mengetahui keharamannya. Namun jika dalam hal proses penghilangannya ada yang memberatkan atau dapat menyebabkan kemudhoratan ( membahayakan dirinya) maka cukup baginya bertaubat (dengan sungguh-sungguh) dan beristighfar mohon Ampunan kepada Allah, dan tidak memudhorotinya tato yang masih melekat di tubuhnya. (Lihat Majmu Fatawa Syaikh Bin Baz rahimahullah 10/44)

Oleh karena itu, kewajiban orang yang memiliki tato di tubuhnya:

  1.  Dia harus bertaubat kepada Allah, memohon ampunan dan menyesali perbuatannya.
  2.  Kemudian berusaha menghilangkan tato yang menempel di badannya, selama tidak memberatkan dirinya. Namun jika upaya menghilangkan tato ini membahayakan dirinya atau terlalu memberatkan dirinya maka cukup bertaubat dengan penuh penyesalan dan inSya Allah shalatnya sah.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ

“Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan..." (QS. al-Hajj :78)

 FAWAID - KANDUNGAN HIKMAH YANG BISA DIPETIK:  

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Wallaahu a'lam bishshawwaab.

Zaki Abu Kayyisa,

Dubai UAE - Siang menderap Pencakar Langit lantai 15, Dubai, Senin, 17 Syawal 1437 H/19 September 2016.

 

Silahkan Bergabung via WA 

FAWAID AL MUWATHTHO 

Akhwat : +971 566921 841,  +6282122630645

Ikhwan : +971 563000 370 

repository @telegram : http://telegram.me/FawaidAlMuwaththo

          

 

ARSIP ARTIKELs

Kajian Online UAE   

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini