image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Tuesday, May 21, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

BIRRUL WALIDAIN – dengan menyenangi olahraga yang disenangi oleh orang tua -

 

Mendulang Kebaikan Berbakti kepada Orang Tua dengan Mencintai Hoby kebaikannya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan bagi antum sekalian. Berikut adalah pembahasan yang penuh inspirasi untuk mengetuk pintu Birrul Walidain (berbakti kepada kedua orang tua).

Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah memerintahkan hamba-Nya untuk berbakti kepada kedua orang tua, Allah Ta'ala berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua [QS. An-Nisaa' : 36]

Hadits dari Abdullah bin 'Amr radhiallahu'anhuma, dia berkata:

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَاسْتَأْذَنَهُ فِي الجِهَادِ، فَقَالَ: أَحَيٌّ وَالِدَاكَ؟ ، قَالَ: نَعَمْ، قَالَ: فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ

"Seseorang datang dan meminta izin kepada beliau untuk ikut berjihad, maka beliau bersabda, 'Apakah kedua orang tuamu masih hidup ?" orang tersebut menjawab, "Ya Masih." Maka beliau pun bersabda, "Kepada keduanya saja kamu berjihad."  SHOHIH   (HR. Al-Bukhari no. 3004, 5972, Muslim no. 2549, Ahmad no. 6765, Abu Dawud no. 2529, At-Tirmidzi no. 1671, An-Nasaai no. 3103, Al-Hakim no. 2501 dan al-Baihaqy dalam Syu'abul Iman no. 7441.)

Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah (wafat th. 852 H) dalam Fathul Bari Syarah Shohih al-Bukhori 10/403 dan Al-Munawi rahimahullah (wafat th. 1031 H) menjelaskan hadits diatas dalam Faidhul Qadiir 4/460 :

فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ : أَيْ إِن ْكَانَ لَكَ أَبْوَانِ فَأَبْلِغْ جِهَدَكَ فِي بِرِّهِمَا وَالإِحْسَانِ إِلَيْهِمَا فَإِنَّ ذَلِكَ يَقُوْمُ لَكَ مَقَامَ قِتَالِ العَدُو

"Kepada keduanya saja kamu berjihad." Yaitu jika engkau mempunyai dua orang tua maka berjihadlah untuk keduanya dalam berbakti kepada keduanya dan melakukan kebaikan kepada keduanya karena yang demikian itu sama kedudukannya dengan memerangi musuh dalam peperangan jihad.

Hadits mulia diatas sangatlah terasa pada kisah berikut, yaitu kisah inspirasi yang dinukil dari seorang shohib ketika beliau ada di daerah mendut kabupaten Magelang.

Aku berusaha untuk menyenangkan orang tuaku dengan olahraga yang digemari beliau. Mungkin ini adalah caraku untuk dapat menyenangkan dan membahagiakan bapakku yang mempunyai hoby bermain tennis. Hari Rabu pagi itu seperti biasa bapakku sudah menanyakan kesiapanku untuk bermain tennis bersama-sama dengan teman-teman sesama pensiunan.

Dengan semangat pun aku mengiyakan untuk menemani bapak bermain tennis meskipun dalam hati aku ingin mempersiapkan safar ku yang tinggal esok hari.

Setelah masuk lapangan ternyata yang ditunggu-tunggu datang yaitu giliran main double, dan lawanku saat itu adalah orang yang paling kuat tennisnya di kalangan para pensiunan.

Aku berpasangan dengan bapakku melawan pasangan kuat dari petenis nomer satu di kalangan para pensiunan di Magelang. Saat itu hatiku merasa sedikit khawatir, "Jangan-jangan aku tidak bisa mengantarkan kemenangan untuk bapakku." Terbersit niat untuk membuat senang dalam baktiku bermain tennis bersama bapakku, "Ya Allah bantulah hamba-Mu yang lemah ini untuk berbakti kepada bapakku."

Dan ternyata kami sudah kalah 0-2 dari 8 game yang biasa dimainkan. Setiap aku hendak memukul serve ataupun menerima serve dari lawan aku hanya bergumam dalam hati menyeruakkan harapanku dengan doa kepada Dzat Yang Maha Pemberi Rezki, "Ya Allah mudahkanlah hamba-Mu yang lemah ini untuk bisa berbakti kepada bapakku."

Alhamdulillah, Allah mengabulkan doaku dengan dimenangkan 8-3 atas lawan yang tangguh tersebut. Pada kesempatan berikutnya ternyata lawanku yang tadi masih penasaran dan ingin menantangku lagi dengan memilih partner yang lebih kuat dari sebelumnya. Akupun ditarik tanganku oleh bapakku sambil berkata, "Ayo, lawan lagi pak Mu." Betul Pak Mu adalah petenis yang gaya ayunan dan keakuratan pukulannya adalah seperti pelatih tennis yang handal, itupun membuat hatiku berdebar lagi, "Mosok bisa menang lagi." Akhirnya aku hanya bisa mengulangi lagi munajat doaku lirih bergumam, "Ya Allah bantulah hamba-Mu yang lemah ini untuk bisa berbakti kepada bapakku."

Dan alhamduilllah kami bisa "Menghajar lawan tangguh tersebut dengan telak 8-1" bahkan Pak M mengatakan "Wah, hari ini aku kena batunya, apes banget."

Aku menyadari betapa kurangnya aku dalam memperhatikan bapak ibuku, terkadang aku lebih suka untuk meluangkan waktu bergelut dan bercengkerama dengan teman-temanku, sedangkan untuk meluangkan waktu dengan bapak ibuku, kadang bahkan sering rasa malas itu menghampiriku.

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidikku pada waktu kecil.

 FAWAID - KANDUNGAN HIKMAH YANG BISA DIPETIK:  

Saudaraku, Engkau bisa dan mampu berjam-jam, berhari-hari bahkan bertahun-tahun terbahak-bahak, bersendau gurau, bercengkerama dengan banyak teman-temanmu, namun ketika orang tuamu memintamu untuk menemaninya maka berubah raut mukamu, berat kakimu tuk melangkah, malasmu bergejolak menolak ajakannya...Itukah yang pantas untuk membalas jerih payahnya orang tuamu ?... Siapa yang membersihkan pipis dan bab-mu dulu ketika engkau masih kanak-kanak ? Siapa yang terbangun bahkan begadang penuh cemas dan bersusah payah membawamu ke dokter dikala engkau sakit ? siapa yang menuntun langkah kakimu untuk pertama kalinya menghujam ke bumi ? Apakah jawabmu adalah temanmu yang engkau banggakan selama ini ?? Bukan temanmu yang berbuat itu tapi semua itu adalah Taufiq dari Allah yang terwujud melalui cinta sejati orang tuamu yang tak pernah mereka malas dalam memberikan kasih sayangnya kepadamu

Ditulis Menjelang keberangkatan ke Abu Dhabi di Bandara Soekarno Hatta – 2 D, diselesaikan di gubuk al Rohba Abu Dhabi, UAE.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Wallaahu a'lam bishshawwaab.

Zaki Abu Kayyisa,

Dubai UAE - Siang menderap Pencakar Langit Dubai, Ahad, 16 Syawal 1437 H/18 September 2016.

 

 

ARSIP ARTIKELs

Kajian Online UAE   

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini