image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Monday, July 22, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

KLARIFIKASI NUKILAN TENTANG LAMARAN

 

KLARIFIKASI NUKILAN TENTANG LAMARAN !

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fiikum, saudaraku...semoga Keberkahan senantiasa Allah curahkan kepadamu...

 PERTANYAAN:

Bismillah, ana ingin bertanya tentang penjelasan hadist tersebut dibawah : "Jika seorang pria melamar seorang wanita, hendaklah menanyakan kecantikannya lebih dahulu, jika wajahnya cantik baru dia tanyakan tentang agamanya, kalau agamanya baik hendaklah dia menikahinya, kalau tidak baik maka dia menolak karena sebab agamanya. Dan jangan sampai dia menanyakan agamanya terlebih dahulu, kalau baik baru menanyakan kecantikannya, lalu kalau ternyata dia tidak cantik dia tolak, sehingga menolaknya karena si wanita tidak cantik, bukan disebabkan karena agamanya yang kurang baik." (Al-Inshaaf, 12/206) Imam Ahmad bin Hambal)

 JAWAB:

 PERTAMA   ...itu perkataan Imam Ahmad BUKAN hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam

 KEDUA  ...Lengkap nukilan nya adalah sebagai berikut:

الإنصاف في معرفة الراجح من الخلاف 8/19

Dinukil dari kitab Al-Inshoof fi Ma'rifatir Raajih minal Khilaaf 8/19 oleh Al Mardaawi rahimahullah cet. Daar Ihya at-Turaats:

مُقْتَضَى قَوْلِهِ " وَيَجُوزُ لِمَنْ أَرَادَ خِطْبَةَ امْرَأَةٍ " أَنَّ مَحِلَّ النَّظَرِ قَبْلَ الْخِطْبَةِ. وَهُوَ صَحِيحٌ. قَالَ الشَّيْخُ تَقِيُّ الدِّينِ - رَحِمَهُ اللَّهُ -: وَيَنْبَغِي أَنْ يَكُونَ النَّظَرُ بَعْدَ الْعَزْمِ عَلَى نِكَاحِهَا وَقَبْلَ الْخِطْبَةِ.

Apa yang menjadi konsekuensi dari ucapannya (penulis kitab al-Inshof yaitu Al-Mardaawi rahimahullah wafat th 885 H) "Bolehnya bagi orang yang ingin melamar seorang perempuan" untuk melakukan "Nadhor" melihat perempuan sebelum proses pelamaran dan itu shohih. Telah berkata Syaikh Taqiyuddin – rahimahullah (Yaitu Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah wafat th. 728 H) : Dan selayaknya proses Nadhor itu boleh dilakukan apabila setelah ada niat kuat dari seorang lelaki untuk menikahi seorang wanita dan (dilakukan) sebelum proses pelamaran.

فَائِدَتَانِ

Disini ada DUA FAIDAH:

إحْدَاهُمَا: قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ - رَحِمَهُ اللَّهُ -: إذَا خَطَبَ رَجُلٌ امْرَأَةً سَأَلَ عَنْ جَمَالِهَا أَوَّلًا. فَإِنْ حُمِدَ: سَأَلَ عَنْ دِينِهَا. فَإِنْ حُمِدَ: تَزَوَّجَ، وَإِنْ لَمْ يُحْمَدْ: يَكُونُ رَدُّهُ لِأَجْلِ الدِّينِ. وَلَا يَسْأَلُ أَوَّلًا عَنْ الدِّينِ، فَإِنْ حُمِدَ سَأَلَ عَنْ الْجَمَالِ. فَإِنْ لَمْ يُحْمَدْ رَدَّهَا. فَيَكُونُ رَدُّهُ لِلْجَمَالِ لَا لِلدِّينِ.

Salah satunya adalah – Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah (wafat th 241 H) berkata : Apabila seorang laki-laki melamar perempuan disebabkan karena faktor pertama adalah kecantikannya maka apabila diperkenankan (sesuai dengan yang diharapkan) maka dia bertanya tentang agamanya (agama perempuan tersebut) apabila diperkenankan (sesuai dengan harapannya) maka (lanjut) ke pernikahan namun apabila tidak berkenan (tidak sesuai dengan yang diharapkan dari agamanya) maka (hendaknya) penolakkan dari laki-laki tersebut disebabkan karena faktor agama. Dan janganlah pertama kali bertanya tentang agama maka apabila diperkenankan (sesuai dengan harapannya) bertanyalah tentang kecantikannya namun apabila tidak sesuai dengan harapannya maka penolakkannya itu karena kecantikannya bukan karena sebab agamanya.

Dan makna hadits diatas adalah:

الثَّانِيَةُ: قَالَ ابْنُ الْجَوْزِيِّ: وَمَنْ اُبْتُلِيَ بِالْهَوَى، فَأَرَادَ التَّزَوُّجَ: فَلْيَجْتَهِدْ فِي نِكَاحِ الَّتِي اُبْتُلِيَ بِهَا، إنْ صَحَّ ذَلِكَ وَجَازَ، وَإِلَّا فَلْيَتَخَيَّرْ مَا يَظُنُّهُ مِثْلَهَا.ِ

Kedua: Telah berkata Ibnul Jauzy rahimahullah (wafat th 597 H):

Dan barangsiapa yang ditimpa keinginan untuk menikah karena sebab hawa nafsu (terhadap seorang wanita yang diinginkanya) dan ia ingin menikah maka bersungguh-sungguhlah untuk dapat menikah dengan wanita yang diinginkannya apabila benar yang demikian (sesuai agamanya) maka boleh baginya untuk menikah namun apabila tidak bisa menikahi dengan tipe wanita yang diinginkannya maka pilihlah wanita yang setipe dengan apa yang semisal dengannya menurut zhonnya.

 KETIGA   Hendaknya kita berhati-hati dalam mengambil dan menukil dari MEDSOS ataupun WEBSITE apa saja yang berkaitan dengan agama Islam.

Maksudnya adalah ketika COPY PASTE hendaknya kita me-recheck dan mengkonfirmasikan kepada ulama yang faham tentang nukilan tersebut. Karena menyebarkan nukilan yang tidak benar alias dusta apalagi itu dinisbatkan kepada Nabi Shallallahu'alaihi wasallam maka itu termasuk kepada ancaman hadits berikut:

وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُبَيْدٍ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ رَبِيعَةَ، قَالَ: أَتَيْتُ الْمَسْجِدَ وَالْمُغِيرَةُ أَمِيرُ الْكُوفَةِ، قَالَ: فَقَالَ الْمُغِيرَةُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: «إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ، فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا، فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ»

"Imam Muslim (wafat 261 H) berkata, telah menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Numair (الهمدانيAl-Hamadani wafat th. 234 H, Tsiqah Hafizh (Terpercaya lagi banyak hafalannya)) telah menceritakan kepada kami Bappakku (Abdullah bin Numair, wafat th. 199 H, Tsiqah/terpecaya, ahli Hadits dari Ahlus Sunnah) telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Ubaid (At-Thoiy, tsiqah (terpercaya)) telah menceritakan kepada kami Ali bin Rabi'ah (Al-Waalibiy الوالبي tsiqah/terpercaya), dia berkata, "Aku mendatangi masjid sedangkan al-Mughiroh (bin Syu'bah ats-Tsaqafi radhiallahu'ahu, wafat 50 H), Gubernur Kufah, ia berkata "Lalu al-Mughirah berkata, 'Saya mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya berdusta atas namaku tidak lah sama dengan berdusta atas nama seseorang, barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja maka hendaklah dia menempati tempat duduknya dari neraka."
 SHOHIH   (HR. Al-Bukhari no. 1291 dan Muslim no. 4).

 FAWAID YANG BISA DIAMBIL : 

Allahu A'lam

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Wallaahu a'lam bishshawwaab.

Abu Kayyisa,

Dubai UAE - Menyongsong Sore di ketinggian Temaram Dubai, Ahad, 6 Sya'ban 1436 H/24 Mei 2015.

 

 

 

ARSIP ARTIKELs

Kajian Online UAE   

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini