image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Monday, July 22, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

ASSUNNAH ITU BARA API YANG PANAAAS

 

ASSUNNAH ITU BARA API YANG PANAAAS

(beratnya istiqamah diatas nama as-Sunnah)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fiikum, saudaraku...Maukah anda masuk dalam golongan orang asing (al Ghurabaa) ? Masih ragu-ragu ? Simaklah hadits mulia berikut ini :

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ الْإِسْلَامَ بَدَأَ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ غَرِيبًا كَمَا بَدَأَ فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ قِيْلَ : مَنْ هُمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ : الَّذِيْنَ يُصْلِحُوْنَ إِذَا فَسَدَ النَّاسُ .

"Sesungguhnya islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing, maka pohon Thuba (di surga) untuk orang yang terasing". Dikatakan: "Siapakah mereka wahai Rasulullah ?" Beliau menjawab: (Yaitu) orang-orang yang berbuat ishlah (kebaikan) ketika manusia telah rusak".  SHOHIH   (HR. Abu Amru Ad Daani dalam kitabnya As Sunan Al Waaridah fil fitan 1/25, dishohihkan Syaikh Albani rahimahullah dalam Silsilah Ahaadits As-Shohihah no. 1273)

Thuba itu secara bahasa artinya "Beruntung" sedangkan secara syar'i maknanya adalah Pohon Thuba yang berada di surga. (Lihat Lisanul Arab oleh Ibnu Mandhur rahimahullah (wafat th. 711 H) 1/565 cet. Daar Shoodir 1414 H). Maksud dari pohon Thuba dijelaskan dalam hadits berikut : Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إِنَّ فِي الجَنَّةِ شَجَرَةً، يَسِيرُ الرَّاكِبُ فِي ظِلِّهَا مِائَةَ عَامٍ، لاَ يَقْطَعُهَا، وَاقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ: {وَظِلٍّ مَمْدُودٍ} {الواقعة: 30}

"Sesungguhnya di dalam surga terdapat pohon yang dilewati oleh penunggang kuda selama seratus tahun tapi ia tak keluar dari naungannya. Bacalah jika kalian mau, "Dan naungan yang terbentang luas" [QS. Al-Waqi'ah: 30]."  SHOHIH   (HR. Al-Bukhari no. 3252, 4881, Muslim no. 2826, Ahmad no. 7498, 9243, At Tirmidzi no. 2523, Ibnu Majah no. 4335, Ad Darimi no. 2880 )

Nabi Shallallahu'alaihi wasallam pernah ditanya oleh shahabatnya:

وَمَا طُوبَى؟ قَالَ: " شَجَرَةٌ فِي الْجَنَّةِ مَسِيرَةُ مِائَةِ عَامٍ، ثِيَابُ أَهْلِ الْجَنَّةِ تَخْرُجُ مِنْ أَكْمَامِهَا

"Apa itu Thuba, kemudian Beliau menjawabnya: "Pohon (terbesar) yang ada di surga. yang jaraknya (dilalui oleh penunggang kuda yang mahir dan sangat kencang) sejauh seratus tahun (tapi belum melampuinya) Pakaian ahli surga terbuat dari kelopaknya. "  SHOHIH   (HR. Ahmad no. 11673, Shohih, lihat Silsilah Ahaadits as-Shohihah no. 1985)

Orang yang berpegang teguh kepada as-Sunnah dijelaskan dalam hadits berikut: Dari Anas bin Malik radhiyallallahu 'anhu dari Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda:

يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ الصَّابِرُ فِيهِمْ عَلَى دِينِهِ كَالقَابِضِ عَلَى الجَمْرِ

"Akan datang suatu masa, orang yang sabar pada masa itu bagaikan orang yang sedang menggenggam bara api."  SHOHIH   (HR. Ahmad no. 9073, At-Tirmidzi no. 2260, dan dishahihkan oleh Syaikh Albani di Silsilah Ahaadits As-Shohihah no 957)

Hadits Shohih yang lainnya, Rasulullah Shallahu 'alaihi wa salam bersabda:

الْمُتَمَسِّكُ بِسُنَّتِيْ عِنْدَ اخْتِلاَفِ أُمَّتِيْ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ

"Orang yang berpegang teguh dengan sunnahku di waktu umatku berpecah belah seperti orang yang memegang bara api"  HASAN   (HR. Abu Bakar al Kalaabadzi dalam kitabnya Miftahul Maani 2/188 dan Addiya' al Maqdisy dalam Al Muntaqa 1/99, Hadits hasan, lihat silsilah Al Ahaadits As Shohihah 2/646 no. 957 dan Shahih al-Jami' as-shaghiir no. 6676.)

Kebanyakan manusia sudah "Tidak Mau Tahu" atau bahkan "Enggan untuk belajar Ilmu Syar'i" serta "Cuek terhadap as-Sunnah" dan orang-orang al-Ghuraba adalah mereka yang istiqamah melaksanakan as-Sunnah di tengah keterasingan. Karena itulah, Allah memberikan pahala besar.

Ibnul Qayyim rahimahullah (wafat th. 751 H) dalam kitab Madarijus Salikin 3/189 (cet Daarul Kitab al-Arabi 1416 H) menjelaskan,

وَهَذَا الْأَجْرُ الْعَظِيمُ إِنَّمَا هُوَ لِغُرْبَتِهِ بَيْنَ النَّاسِ، وَالتَّمَسُّكِ بِالسُّنَّةِ بَيْنَ ظُلُمَاتِ أَهْوَائِهِمْ وَآرَائِهِمْ

"Dan Pahala yang besar ini karena keterasingannya di antara manusia dan karena dia berpegang teguhnya dengan Sunnah diantara kegelapan hawa dan akal pikiran."

Saudaraku...Apakah anda sekarang masih ragu untuk memegang teguh Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam?

Hawa nafsu manusia pasti akan mengatakan,

"Kenapa sih dikit dikit harus sesuai sunnah, mbok dinikmati aja dunia ini kan hidup cuma sebentar, rugi lhoh... " atau pun komentar yang seperti ini, "Repot amat sih harus dikit dikit sunnah dikit dikit sunnah, ada banyak fasilitas kenapa dianggurin, ada banyak kenikmatan dunia kenapa diacuhin..."

Allahul Musta' an (Allah sebaik baik Dzat yang dimintai pertolongan) Ingatlah hadits yang mulia berikut ini :

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

حُفَّتْ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُفَّتْ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِِ

"Surga dikelilingi oleh perkara-perkara yang tidak disukai (oleh hawa nafsu manusia), sedangkan neraka dikelilingi oleh perkara-perkara yang disukai."  SHAHIH  [HR. Muslim no. 2822]

 FAWAID YANG BISA DIAMBIL : 

Allahu A'lam

 PANTUN GURATAN HATI: 

  • Mencela asa yang terpahat
  • Menyeruak nikmat yang fana
  • Teriak Rindu Nabi Cinta tertambat
  • Tak ada bukti hanya lisan terlena

  • Jeruji besi dunia yang tajam
  • Tak ada yang selamat durinya
  • Sakit terperih bara terajam
  • Berpegang sunnah pasti mulianya

  • Gairah Hijau segar daun sawi
  • Bangkitkan jiwa yang lemah
  • Hanya dengan Petunjuk Nabawi
  • Amal itu selamat penuh berkah

  • Bibir berceloteh rindu terperi
  • Mau makan bacalah bismillah
  • Bukti cinta itu kan selalu berseri
  • Cinta Nabi itu karena Cinta Allah

  • Bertepuk dada tangan terbalut
  • Menghenyak kaget dering as-Sunnah
  • Ilmu mendekap hidup tanpa kalut
  • Bahagia sejati ada bersama as-Sunnah

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Wallaahu a'lam bishshawwaab.

Zaki Abu Kayyisa,

Dubai UAE - Pagi mengudara di ketinggian Deru Dubai, Selasa, 13 Sya'ban 1438 H/9 Mei 2017.

 

 

 

ARSIP ARTIKELs

Silahkan Bergabung via    Forum WA Fawaid al Muwaththo wa Zaidah   Klik, langsung link berikut:

Kajian Online UAE   

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini