image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Monday, July 22, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

RAGU DALAM BERSUCI...? INI SOLUSINYA

 

RAGU DALAM BERSUCI...? INI SOLUSINYA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fikum, berikut adalah sebuah pertanyaan dari sahabat dekat saya yang berkaitan dengan problem yang dihadapi anak perempuannya yaitu dia sering ragu dalam bersuci.

 PERTANYAAN :  

Ustadz, anak perempuan saya sering merasa was was ketika hendak sholat, dia merasa masih ragu dengan wudhu nya dikarenakan kentut ataupun kencing.

 JAWABANNYA: 

Jika seseorang telah bersuci, kemudian timbul keraguan apakah dia telah berhadats atau tidak,

maka harus kembali pada keyakinannya bahwa dia telah bersuci dan dia harus meninggalkan keraguannya itu

Contohnya seseorang telah berwudlu untuk sholat magrib, ketika adzan isya' dan dia hendak sholat isya' dia ragu apakah wudlunya telah batal atau belum, Maka dia kembali pada asalnya yaitu dia telah berwudlu

Saudaraku yang semoga Allah melimpah keberkahan kepadamu....Simaklah hadits mulia berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ فِي بَطْنِهِ شَيْئًا، فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ أَخَرَجَ مِنْهُ شَيْءٌ أَمْ لَا، فَلَا يَخْرُجَنَّ مِنَ الْمَسْجِدِ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا، أَوْ يَجِدَ رِيحًا»

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian mendapati ada terasa sesuatu di perutnya, lalu ia ragu-ragu apakah keluar sesuatu ataukah tidak, maka janganlah ia keluar dari masjid hingga ia mendengar suara atau mendapati bau."   Shohih  (HR. Muslim no. 362) 

 Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda, : 

لاَ وُضُوْءَ إِلاَّ مِنْ صَوْتٍ أوْ رِيْحٍ

Tidak ada wudhu kecuali karena bunyi atau angin.   Shohih  (HR. At-Tirmidzi no. 74 dan Ibnu Majah no. 515, lihat Irwaul Gholil no 107) 

Hadits yang lainnya :

 Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda, : 

98 - (361) وَحَدَّثَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ، وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، ح، وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ جَمِيعًا عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ - قَالَ عَمْرٌو: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ، وَعَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ، عَنْ عَمِّهِ شُكِيَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الرَّجُلُ، يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ يَجِدُ الشَّيْءَ فِي الصَّلَاةِ، قَالَ: «لَا يَنْصَرِفُ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا، أَوْ يَجِدَ رِيحًا»

Telah mengabarkan kepadaku (Imam Muslim) Amru an-Naaqid, dan Zuhair bin Harb, mereka berdua mengabarkan, keduanya telah mengabarkan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah keseluruhan(riwayat) dari Ibnu Uyainah – telah berkata kepada kami Sufyan bin Uyainah (Ibnu Uyainah) dari az-Zuhri dari Sa'id dan Abbad bin Tamiim dari pamannya, bahwa ia pernah mengadu kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tentang seseorang yang menghayal/merasa bahwa dirinya mendapatkan sesuatu dalam shalatnya, maka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

"Janganlah ia keluar/membatalkan shalatnya sebelum mendengar suara (buang angin) atau mencium bau".
  Shohih  (HR. Bukhari no.137 dan Muslim no.361 (98) dan lafazh ini milik Muslim) 

Dari hadits di atas, Imam al-Baghawi rahimahullah (wafat th. 516 H) dalam kitabnya Syarah as-Sunnah berkata: 1/354

وَفِي الْحَدِيثِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الْيَقِينَ لَا يَزُولُ بِالشَّكِّ فِي شَيْءٍ مِنْ أَمْرِ الشَّرْعِ، وَهُوَ قَوْلُ عَامَّةِ أَهْلِ الْعِلْمِ، فَمَنْ تَيَقَّنَ فِي الطَّهَارَةِ، وَشَكَّ فِي الْحَدَثِ، جَازَ لَهُ أَنْ يُصَلِّيَ، وَلَوْ تَيَقَّنَ فِي الْحَدَثِ وَشَكَّ فِي الطَّهَارَةِ، لَمْ يَجُزْ لَهُ أَنْ يُصَلِّيَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

Dari hadits tersebut merupakan dalil atas (kaidah) bahwa "Yang yakin tidak bisa dihilangkan dengan keragu-raguan dari suatu perkara yang termasuk perkara syar'i" dan ini adalah pendapat umum dari para ulama maka barangsiapa yang yakin bahwa dirinya dalam keadaan suci dan dia ragu terhadap hadats (dia berhadats atau tidak) maka boleh baginya untuk melakukan sholat sebaliknya apabila dia merasa yakin bahwa dia dalam keadaan tidak suci alias berhadats dan dia pun merasa ragu bahwa dia dalam keadaan suci atau tidak maka tidak boleh baginya untuk melakukan sholat sampai dia melakukan wudhu."

Abdullah bin Ahmad bin Hanbal rahimahullah (wafat th. 290 H, putera dari Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah) berkata,

سَأَلتُ أبي عَن الرجل إِذا شكّ فِي الْوضُوء وَهُوَ على وضوء قَالَ اذا أَيقَن بِالطَّهَارَةِ فَهُوَ على طَهَارَته حَتَّى يستيقن أَنه أحدث

"Aku pernah bertanya kepada bapakku tentang seseorang yang ragu mengenai wudhunya dan orang tersebut masih punya wudhu. Imam Ahmad lantas berkata, jika ia yakin telah berwudhu, maka ia tetap dianggap dalam kondisi berwudhu sampai ia yakin bahwa ia telah berhadats..." Lihat Masaail Ahmad bin Hanbal riwayat anaknya Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, 1/23 no 80, Bab Syak fil Hadats. Tahqiq Syaikh Zuhair Asy Syawais (cet. Al-Maktab al-Islami cet 1401 H).

Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al Basaam rahimahullah (wafat 1423 H) berkata dalam penjelasannya terhadap hadits no.74 di dalam kitab Bulughul Maram :

لا أثر للشك بعد الفراغ من العبادة فلو فرغ من الوضوء و شك هل تمضمض أو فرغ من الصلاة و شك هل قرأ الفاتحة أو لم يسجد إلا مرة واحدة فلا يلتفت إلى ذلك و الأصل صحة العبادة

"Dan jika timbul keraguan setelah selesai melakukan ibadah maka keraguan tersebut tidak ada pengaruhnya sama sekali. Misalnya seseorang berwudhu kemudian dia ragu apakah dia telah berkumur-kumur, atau setelah selesai sholat dia ragu apakah dia telah membaca surat al-fatihah, atau apakah dia hanya sujud sekali, maka janganlah ia memperhatikan keraguan tersebut, karena asal ibadahnya adalah sah. (Taudlihul Ahkam Min Bulughil Maraam 1/297 fawaid ke 7 dari hadits no. 74, cet. Daar al-Qiblah ats-Tsaqafiyah al-Islamiyyah th. 1413 H )  

Dan salah satu cara jitu untuk menghindari keraguan dan was was dalam berwudhu/bersuci adalah

dengan mempelajari cara berwudhu dan bersuci yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam...
  (ini adalah nasihat dari Syaikh Sholih al Masy'ari hafizhahullah ketika beliau mengajar kitab nailul author tentang wudhu)

Maka apalagi yang antum tunggu? Mari kita semangat belajar menuntut ilmu syar'i semata mata ikhlas karena Allah sehingga kita selamat dari syubhat keraguan dan was was dari Syaitan.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Wallaahu a'lam bishshawwaab.

Abu Kayyisa,

Dubai UAE - Pagi hari penuh kabut tebal menyapu kerlipatan mata , Ahad, 14 Rabiul Awal 1436 H/04 Januari 2015.

 

 

 

ARSIP ARTIKELs

Kajian Online UAE   

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini